Healthy

Selalu Perhatikan Protokol Kesehatan Ketika Naik MRT di Era New Normal

Bagi sebagian orang, kembali beraktivitas di luar rumah ketika menjalani new normal jelas menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Ancaman virus Covid-19 memang nggak bisa dianggap remeh dan bisa menular kepada siapa saja. Hal inilah yang menjadi sumber kecemasan baru, terutama buat mereka yang sehari-harinya harus menggunakan moda transportasi umum seperti MRT.

Perjalanan dengan MRT memang rentan membuat kamu terpapar virus, tapi sebaiknya jangan cemas berlebihan. #BikinJadiBiasa aja dengan beberapa langkah perlindungan diri yang dapat membuat perjalananmu tetap aman dan nyaman selama naik moda transportasi umum tersebut. Apa saja?

Selalu Gunakan Masker dan Pelindung Diri Lainnya yang Diperlukan

Untuk mencegah penularan virus selama masa pandemi, kamu wajib menggunakan masker saat akan naik MRT. Masker ini juga wajib digunakan selama beraktivitas di luar rumah. Kamu juga bisa menggunakan alat pelindung diri lainnya, seperti face shield, sarung tangan, atau items lainnya yang bisa membantu mencegah virus menempel di dalam tubuh.

Bawa Benda Wajib di Dalam Tas

Selama masa new normal nanti, ada beberapa benda wajib yang harus dibawa selama beraktivitas di luar rumah, terutama saat naik MRT. Mulai dari masker cadangan karena idealnya masker hanya bisa digunakan selama 4 jam, tisu basah, tisu kering, hingga hand sanitizer. Jangan lupa bawa perlengkapan salat sendiri, karena di masa new normal pihak MRT akan meniadakan peralatan salat di musala untuk meminimalisir penularan Covid-19.

Jaga Jarak dan Hindari Berbicara dengan Orang Lain

Selalu terapkan physical distancing saat beraktivitas di luar rumah, terlebih saat naik MRT. Pastikan kamu memberi jarak aman sekitar 1-2 meter saat berada di stasiun maupun ketika berada di dalam MRT. Pihak MRT juga sudah menandai kursi yang boleh ditempati dan mengurangi jumlah kapasitas orang yang naik di tiap gerbongnya untuk mendukung upaya physical distancing. Selain itu, kamu juga diimbau untuk tidak berbicara atau mengobrol dengan orang lain selama naik MRT sebagai upaya pencegahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *